Dosen Jurusan Gizi Penulis Blog Paling Aktif

Minggu, 01 Mei 2011

Mempublish Blog di FB Otomatis

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang paling banyak pengunjungnya saat ini. Facebook menyediakan fasilitas blog yang disebut NetworkedBlog. Blog yang ada di facebook berfungsi untuk mempublikasikan blog yang sudah ada di server lain. Setiap melakukan updating pada blog sumber maka facebook akan mempublikasinya dan melakukan sharing dengan semua teman Anda di facebook. Pada blog yang ada di facebook Anda dapat melakukan penjaringan pengunjung sebagai pengikut blog Anda (follower).
Beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk mendaftarkan blog Anda di facebook akan dibahas berikut ini. Satu catatan penting yang perlu diingat sebelum melakukan ini adalah bahwa Anda sudah sudah memiliki sebuah Blog, dimanapun Anda buat.  langkah-langkah pembuatan yang akan dibahas di sini adalah langsung dari blog ini  :
Langkah Pertama :
Klik icon Follow This Blog, yang ada di pinggir kiri blog ini  yang berada di bawah para pengikut (follower) blog ini (atau klik disini). Para pengikut yang seperti Anda lihat di sebelah adalah gadjet yang diambil saat pendaftaran sudah hampir selesai.. Setelah mengklik icon, akan muncul tampilan seperti berikut ini :
Tampilan di atas muncul apabila sebelumnya Anda belum terhubung dengan facebook. Bila Anda sudah login ke facebook maka tidak akan uncul tombol connect with facebook di sudut kanan atas. Anda bisa melakukan koneksi dengan facebook langsung dengan mengklik tombol tersebut saat ini juga. Maka akan muncul jendela login sebagai berikut :
Setelah login akan muncul beberapa langkah standar facebook seperti memberi hak untuk mengakses informasi dasar Anda (klik Izinkan) dan kemudian akan tampilan seperti tampilan pertama tanpa connect with facebook.
Langkah Kedua :
Klik Follow, lalu akan muncul tampilan bahwa Anda sudah mengikuti Blog ini, seperti terlihat berikut ini. Saat ini Anda sudah terdaftar sebegai follower blog bakuldata.
Langkah Ketiga :
Daftarkan blog Anda sendiri dengan mengklik Create a page for your blog (oval merah), maka akan muncul form pendaftaran blog Anda sendiri. Isi semua pertanyaan, lalu klik Next, sampai selesai. Anda akan diberitahu kalau Blog Anda sudah dipublikasi. Lakukan penyetelan hal-hal yang dianggap perlu sesuai fasilitas yang tersedia disana.
Pengelolaan :
Setelah mengklik Next pada langkah di atas, akan muncul tampilan penyetingan dasar. Salah satu yang terpenting disini adalah pengambilan kode follower. Klik Install Widget, dan akan muncul kotak berisi kode HTML di bawahnya. Copy kode tersebut dan simpan ke dalam 1 file teks menggunakan Notepad.
Langkah beriktu Tambah satu tab browser Anda dan buka Akun Blog Anda, misalnya mengetik www.blogger.com, bila di blogspot). Masukkan email dan password. Setelahmasuk pilih Tata Letak. Setelah tata letak muncul kil pada tambah Gadjet pada tempat yang Anda inginkan. Tampilan tata letak sangat tergantung pada jenis template yang Anda pakai di blog Anda. Pilih type gadjet HTML/Javascript. Copy-paste-kan kode yang didapat di facebook tadi pada jendela gadjet baru, simpan dan lihat blog Anda. Hasilnya akan muncul tambahan gadjet (follower). 
Setelah selesai, kembali ke jendela facebook tempat mengambil kode pada langkah di atas, dan klik  Verify Widget, yang terletak di bawah jendela kode. Sampai disini proses pembuatan Blog di facebook selesai.  Setiap Anda memperbaharui blog, menambah entri baru atau mengedit entri yang lama, otomatis akan dipublish oleh facebook. Anda juga dapat meletakkan link NetworkedBlog Anda di wall Anda sendiri atau sebagai link comment di wall teman Anda sendiri. Semakin banyak Anda memasangkan link, semakin banyak pengunjung dan follower blog Anda. Selamat mencoba, success for you.

0 komentar:

Tinggalkan Pesan Anda disini


ShoutMix chat widget
Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template